Analisa PEST

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sahabat Salam, pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang salah satu analisa yang digunakan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Analisa dalam suatu bisnis mempunyai peranan penting. Dengan adanya analisa, sebuah bisnis tentunya pasti bisa berjalan dengan baik. Karena perusahaan atau pimpinan perusahaan dapat membuat keputusan apa yang harus diambil untuk kebaikan bisnisnya.



Salah satu bentuk analisa yang umum digunakan oleh sebuah perusahaan atau badan usaha lainnya adalah Analisa PEST.

Analisa PEST merupakan suatu cara atau alat yang bernmanfaat untuk meringkas lingkungan eksternal dalam operasi bisnis. PEST haru ditindaklanjuti dengan pertimbangan bagaimana bisnis harus menghadapi pengaruh dari lingkungan Politik, Ekonomi, Sosial, dan Teknologi.

PEST adalah :
1. Political
    "P" dalam singkatan PEST adalah Political. Ada beberapa faktor yang dianalisis dan didiagnosis
    oleh kebanyakan perusahaan.
    Beberapa di antaranya adalah :
    a. Upah minimum
    b. Pengendalian harga
    c. Kesempatan bekerja yang sama untuk semua orang
    d. Keselamatan dan kesehatan dalam pekerjaan
    e. Di mana lokasi pabrik boleh didirikan
    f. Apa yang boleh dikeluarkan pabrik itu ke udara
    g. Berapa keributan yang boleh dilakukan dalam berproduksi
    h. Peraturan dan Perlindungan lingkungan
    i.  Perpajakan (Perusahaan;konsumen)
    j.  Peraturan perdagangan internasional

2. Economic
    "E" dalam singkatan PEST adalah Economic. Tak dapat dipungkiri bahwa faktor ekonomi
    merupakan faktor yang menjadi pertimbangan cukup serius dalam pengambilan atau penetapan
    suatu keputusan. Faktor yang dianalisis di antaranya adalah :
    a. Pertumbuhan ekonomi
    b. Kebijakan moneter
    c. Pengeluaran pemerintah
    d. Kebijakan ke arah unemployment
    e. Tahpan siklus bisnis.

3. Social
    "S" dalam singkatan PEST adalah Social. Para strategic planner harus mengikuti peubahan pada
     tingkatan pendidikan dan penilaian sosial dengan maksud menilai dampaknya terhadap strategi
     mereka. Faktor sosial yang dianalasis dan didiagnosis oleh kebanyakan perusahaan antara lain :
     a. Distribusi pendapatan
     b. Demografi
     c. Tenaga kerja / mobilitas sosial
     d. Perubahan gaya hidup
     e. Sikap kerja

4. Technology
    "T" dalam singkatan PEST adalah Technology. Pada era global seperti sekarang ini, eksistensi 
    dan perkembangan teknologi mempengaruhi banyak bidang kehidupan masyarakat, termasuk
    dalam dunia bisnis.
    Perencana strategi yang efektif meneliti lingkungan untuk mencari perubahan teknologi yang
    dapat mempengaruhi bahan baku, operasi, dan produk serta jasa perusahaan, karena perubahan
    teknologi dapat mememberikan peluang besar untuk meningkatkan hasil, tujuan, atau
    mengancam kedudukan perusahaan.
    Faktor - faktor teknologi yang dianalisis dan didiagnosis oleh kebanyakan perusahaan
    di antaranya :
    a. Fokus pemerintah dan industri pada kemajuan teknologi
    b. Penemuan dan pengembangan baru
    c. Kecepatan dari transfer teknologi
    d. Rates of technology obsolescence
    e. Biaya dan penggunaan teknologi

Itulah ringkasan tentang Analisa PEST dalam dunia bisnis. Bagaimanapun, kekuatan sebuah perusahaan sangat bergantung kepada kekuatan sebuah analisa. Semakin akurat analisa, maka semakin tepat pengambilan keputusan yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan.

Semoga bermanfaat bagi kita semua, Sahabat Salam ... :)
Wassalamualaikum Wr. Wb.