Guna melengkapi dua analisa sebelumnya, saya mencoba untuk menulis tentang analisa yang ketiga dalam dunia bisnis. Analisa kali ini, kita kenal dengan analisa SWOT.
Analisa SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), kesempatan (Opportunities), dan Ancaman (Threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (Strengths), mampu mengambil keuntungan (advantages) dari peluang (Opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (Weakness) yang mencegah keuntungan (advantages) dari peluang (Opportunities) yang ada.
Selanjutanya bagaimana kekuatan (Strengths) mampu menghadapi ancaman (Threats) yang ada, dan terkahir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (Weaknesses) yang mampu membuat ancaman (Threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Teknik ini dibuat oleh Abert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan - perusahaan Fortune 500.
Kira - kira begitulah sekilas tentang analisa SWOT yang sering atau cukup populer digunakan di dunia bisnis guna mencapai advatages.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Reference
http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT