Bermain dengan Warna Menggunakan Conditional Formatting pada Excel 2010

Assalamu'alaikum wr.wb.

Sahabat salam, 
Cukup lama rasannya tidak posting tentang salah satu produk terbaik Microsoft, yaitu Microsoft Excel. Kali ini saya akan membahas salah satu fitur yang ada di Microsoft Excel, yaitu Conditional Formatting. 

Apa itu Conditional Formatting? Menurut saya sendiri (hehehe), Conditional Formatting adalah fitur yang ada di Microsoft Excel yang berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam memberikan format pada suatu cell, baik itu jenis huruf, warna huruf, dan warna cell agar dapat menandai ciri dari suatu cell itu sendiri. 

Untuk lebih mudahnya, kita akan membuat tampilan berikut menggunakan Conditional Formatting.

Contoh Conditional Formatting
Seperti yang dijelaskan di "pendahuluan" di atas, Conditional Formatting akan memberikan format (jenis huruf, warna huruf, warna cell).  Pada gambar di atas, conditional formatting diberikan untuk kolom jenjang pendidikan dan total wisudawan. 

  • Berikut langkah - langkah nya :Pastikan bahwa kita telah mengetahui kriteria format yang akan kita berikan. Pada gambar di atas, kriteria nya adalah : 


  • Setelah menentukan kriteria format, selanjutnya blok cell yang akan diberikan Conditional Formatting. Untuk jenjang pendidikan, kita blok cells D3 sampai D12. 
  • Setelah itu, pilih Menu Conditional Formatting yang terletak pada Ribbon Home. Kemudian, pilih New Rule. Maka akan muncul tampilan New Formatting Rule berikut.
  • Berdasarkan kriteria yang telah dibuat di atas, kita akan melakukan format cell terhadap cells yang berisi huruf tertentu (Sarjana, Diploma III, dan Diploma IV). Maka kita pilih "Format Only Cells That Contain". Maka akan muncul tampilan berikut.

  • Pada combobox paling kiri pilih Specific Text. Combobox kedua pilih Containing. Pada combobox ketiga, isi ketentuan atau kriteria pertama. Pada kasus ini, kita ketika Sarjana. Setelah itu, klik Button Format, maka akan muncul tampilan berikut.

  • Untuk memberikan format pada huruf, pilih Tab Font. Untuk memberikan format pada cells, pilih Tab Fill. Kemudian klik button "Ok".
  • Dan Selesaaaaai.....
  • Lakukan hal yang sama untuk ketentuan / kriteria Diploma IV dan Diploma III.
Mungkin kita berpikir untuk menggunakan cara manual yaitu dengan cara memilih satu per satu cell yang akan kita format. Tetapi, dalam kasus ini, saya hanya memberikan sedikit data. Bayangkan apabila ada 1000 baris atau bahkan lebih. Kita tidak mungkin memilih satu per satu cell.

Selamat mencoba, sahabat salam.... :-)


Kunjungi flashcomindonesia.com untuk lebih mengenal Microsoft Office lebih dalam dan lebih detil. Pilih bidang studi Administrasi Perkantoran. :-)


Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb