Solo Travelling, Why Not?

Assalamualaikum wr.wb
Sahabat, mungkin kebanyakan dari kita bingung untuk mengisi waktu liburan. Padahal, kita sangat ingin untk memanfaatkan waktu liburan seoptimal mungkin. Kita pasti tidak ingin hanya tidur, makan, nonton tv sepanjang hari, bahkan sepanjang waktu liburan kita.

Nah, di sini, saya akan berbagi tentang salah satu cara untuk mengisi waktu liburan.

Travelling
Siapa yang tidak suka travelling pada saat ini? Apalagi jika kita mempunyai beberapa hal penunjang yang bisa memotivasi kita untuk travelling, misal kamera, handycam, atau smartphone. Tapi, pernahkah sahabat pikirkan untuk tidak sekedar melakukan conventional travelling ? Misal, dengan melakukan Solo Travelling.


Solo Travelling bagi orang yang awam tentang dunia travelling mungkin merupakan suatu hal yang membosankan. Bagaimana tidak? Kita bepergian tanpa seorang teman, pacar, ataupun keluarga. Kita tidak bisa berbagi momen - momen bahagia ketika dalam perjalanan ataupun ketika sudah sampai di tempat tujuan. Bahkan mungkin ada rasa takut dalam diri kita untuk melalukan solo travelling. Seperti takut akan keselamatan, takut nyasar, atau takut kehabisan uang... hehehe




Nah, di sini saya ingin meluruskan pandangan - pandangan negatif atau kekhawatiran untuk melakukan solo travelling. Solo Travelling bukanlah sesuatu yang menyeramkan, membosankan, atau mencerminkan sikap antisosial. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari solo travelling adalah sebagai berikut :

1. Lebih Percaya Diri
Dengan melakukan solo travelling anda akan dilatih oleh alam dan masyarakat yang nanti akan anda temui, untuk lebih percaya diri. Percaya diri di sini meliputi banyak hal, bisa dalam hal menentukan keputusan untuk pergi ke suatu tempat, menentukan tindakan yang harus dilakukan ketika menghadapai berbagai macam situasi, dan yang pasti adalah percaya diri untuk berinteraksi dengan orang yang baru kita temui.

2. Berlatih Mandiri
Secara anda sadari atau tidak, anda akan berlatih untuk lebih mandiri. Misal, anda yang biasanya dibelikan tiket oleh teman atau keluarga saat akan travelling, kali ini anda akan melakukannya sendiri. Selain itu, ketika anda menghadapi beberapa situasi yang sulit saat di perjalanan, anda akan berusaha sekuat tenaga anda untuk menyelesaikan permasalahan yang anda hadapi. Tapi ingat, mandiri di sini bukan berarti tidak memerlukan bantuan orang lain. Lihat point pertama tadi. :)

3. Mudah mendapatkan Inspirasi
Bagi anda yang suka membuat artikel, cerpen, lagu atau yang lainnya, anda akan cukup mudah untuk memperoleh inspirasi. Dengan memahami kearifan lokal yang anda temui, anda bisa mendapatkan ide - ide cemerlang untuk berkarya. Hal itu dapat anda lakukan ketika sedang sendiri dan bergelut dengan pikiran anda.

4. Tidak Terganggu dengan Kepentingan Orang Lain
Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang - orang yang bepergian secara bersama-sama, akan mengalami perdebatan yang alot tentang tempat tujuan. Misal, anda akan bepergian dengan 5 orang teman. Bayangkan saja jika ada 5 kepala yang mengajukan tempat - tempat yang akan dikunjungi. Mungkin bisa saja anda setuju dengan teman anda. Tapi, pasti ada ketidaksetujuan atau 'kontroversi hati', kata si Vicky, dalam diri anda. Sehingga anda akan terpaksa untuk mengunjungi tempat yang teman anda inginkan. Dengan Masalah seperti itu, tidak akan anda temui di Solo Travelling. Anda dapat dengan bebas mengikuti arah angin ke mana anda harus melangkah. Tidak ada intervensi dari pihak manapun.

Perlu diketahui, Solo Travelling bukan berarti anda akan benar - benar melakukan perjalanan seorang diri. Mungkin lebih tepatnya, anda tidak bepergian dengan orang yang anda kenal. Bisa saja nanti ketika anda telah sampai di tempat tujuan, anda bertemu dengan orang - orang yang juga melakukan solo travelling. Sehingga nantinya anda akan berinteraksi dan melakukan perjalanan bersama orang yang baru anda kenal tadi.

Sekian dulu, posting dari saya untuk kali ini
Wassalamualaikum wr.wb