Membuat Billing Warnet dengan Excel

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini, saya akan memberikan beberapa cara memanfaatkan fungsi - fungsi di Excel untuk membuat Program Billing Warnet. Sebenarnya, cara yang digunakan sangat sederhana. Hanya menggunakan beberapa fungsi, di antaranya Text, Round, dan Int.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah siapkan tabel yang akan digunakan



Selanjutnya, kita bisa gunakan fungsi Conditional Formatting untuk memberi warna pada nama client yang aktif ataupun tidak aktif. Caranya, blok semua cell Nama Client, kemudian klik Ribbon Conditional Formatting. Setelah itu, pilih New Rule, maka akan muncul kotak New Formatting Rule. Pilih Format Only Cells that Contain. Ganti Combobox yang berisi Cell Value menjadi Blank. Kemudian, klik button Format, pilih Tab Fill, dan pilih warna untuk Nama Client yang tidak aktif -> OK.


Untuk memberikan warna bagi Nama Client yang aktif, gunakan langkah yang sama seperti di atas sampai ganti Cell Value menjadi No Blank. Kemudian jalankan kembali langkah yang sama seperti di atas.

Setelah itu, isikan tarif/jam, waktu mulai dan selesai.
Untuk mengisi Durasi, kita gunakan formula =TEXT(E4-D4;"HH:MM")
Kemudian double klik pada pojok kanan bawah cell F4
Sedangkan untuk Total Bayar, kita gunakan formula =C4*ROUND((F4-INT(F4))*24;1)
jangan lupa untuk double klik pada pojok kanan bawah cell G4

Sebenarnya, kita bisa lebih mengeksplorasi lagi  dalam penggunaan formula - formula di atas. Misal, kita bisa gunakan fungsi IF untuk membulatkan perhitungan total bayar untuk durasi yang kurang dari 1 jam. Misal, jika durasi hanya 00:50 kita bulatkan di total bayar menjadi 1:00 atau dibulatkan ke bawah per 15 menit sehingga menjadi 00:45.

Sekian dulu postingan tentang Excel.. kita sambung lagi jika ada waktu...heheh

Wassalamualaikum wr.wb